Pages

Thursday, September 13, 2012

Sent Backup Mikrotik File To Linux

Punya suatu pengalaman ketika router mikrotik di kantor terjadi kerusakan, baru teringat bahwa file backup mikrotik itu belum sempet di transfer ke komputer ataupun e-mail saya, dengan pengalaman itu saya berpikir bagaimana jika file backup mikrotik itu dikirim secara berkala ke mesin linux yang ada. Setelah melakukan pencarian referensi di google, baru saya lakukan eksekusi setting linux dan mikrotik untuk schedulebackup. Langkah-langkah yang saya lakukan seperti ini:
A. Setting script dan schedule mikrotik.
Langkah pertama setting ntp-client dan timezone
primary ntp dan secondary itu server saya sendiri dengan tujuan jika mirotik tidak bisa koneksi internet waktu nya masih bisa singkron dengan server jika anda tidak bisa pakai server itu coba cari ntp yang lain di google dan pastikan waktu mirotik itu singkron dengan lokasi anda. Sekarang  masuk ke system script dan scheduler, saya tampilkan screenshoot nya.



terakhir pastikan ip service ftp tidak disable

Sampai disini selesai setting mikrotik. Waktunya backup jam 11.50 malam dan di hapus jam 5.00 pagi.
B. Setting di linux.
Disini saya menggunakan linux CentOS 5.7 yang waktu nya sudah singkron dengan ntp-server. Jika tidak mengerti singkron waktu cari di tutorial ini cara singkron waktu di linux. Sekarang login ke linux user root:
Selesai….. Artinya setiap jam 11.55 malam akan dilakukan sendiri oleh linux pengambilan file backup di mikrotik, semoga bermanfaat.

No comments

Post a Comment

Blog-nya Anak Warkir. All rights reserved. © Maira Gall.