Sunday, August 18, 2013

Enam Kunci Kelanggengan Suatu Hubungan

Ini sekedar tips untuk kita semua yang ingin menjalin hubungan yang langgeng, khususnya hubungan dengan pasangan/suami/istri/pacar. Ada enam buah kunci yang membentuk rantai dan saling berkaitan. Kunci-kunci ini saya rangkum dari pengalaman pribadi dan juga pengalaman orang lain. Alhamdulillah, terbukti ampuh bagi orang-orang yang benar-benar memegang enam kunci ini dengan baik dengan pasangannya, khususnya bagi mereka yang menjalani LDR (Long Distance Relationship).

1. Honesty (Kejujuran)

Hal yang pertama yang perlu dipegang dalam membina hubungan yang langgeng adalah kejujuran. Karena apabila kita selalu jujur, kepercayaan akan mudah didapatkan. Berterusterang, meskipun pahit, itu akan lebih baik dibandingan kebohongan yang manis. Sebagaimana kata pepatah,
“The bitterest truth is better than the sweetest lies.”
Jujurlah tentang masa lalu kita, tentang rahasia-rahasia kita, tentang apapun yang membuat pasangan merasakan bahwa dia adalah orang yang penting bagi kita.

2. Trust (Kepercayaan)

Kepercayaan menjadi kunci berikutnya bagi tiap pasangan yang ingin hubungan mereka berjalan baik. Dengan menumbuhkan sikap saling percaya, kita dan pasangan kita akan selalu diliputi ketenangan dan terhindar dari kecemburuan yang berlebihan.

3. Faithfulness (Kesetiaan)

Setia, itu bukan akronim dari SEtiap TIkungan Ada, bukan. Kesetiaan merupakan simbol rasa percaya yang amat dalam terhadap pasangan kita. Bahkan meskipun pasangan kita ternyata bukan orang yang bisa menjaga kesetiaannya, ada saja di antara kita yang tetap masihkeukeuh untuk setia. Mengapa? Hal itu disebabkan karena kesetiaan itu buta. Ibarat kata kalau dalam hal kepercayaan, seseorang itu butuh sebuah pembuktian terlebih dulu baru bisa percaya. Sedangkan kalau dalam hal kesetiaan, seseorang tidak perlu bukti lebih dahulu. Itulah hebatnya kesetiaan, walau kadang dianggap sebagai hal yang bodoh.

4. Commitment (Komitmen)

Kunci selanjutnya untuk menjaga hubungan adalah komitmen. Komitmen untuk menepati janji-janji yang diucapkan mulai dari berawalnya suatu hubungan sampai seterusnya, bahkan jika sudah berjanji tidak akan berpisah. Itulah yang namanya komitmen, sebuah kunci yang paling kuat dari hubungan yang langgeng.

5. Understanding (Pemahaman)

Tak kenal maka tak sayang. Tak paham maka tak cinta. Tak mengerti maka tak peduli. Itulah kata pepatah yang lengkap diucapkan. Seseorang tidak bisa menjalin hubungan dengan baik apabila di antara mereka tidak saling memahami satu sama lain. Jika tidak timbul rasa saling pengertian, suatu hubungan akan sering mengalami pertengkaran-pertengkaran dan salah paham.

6. Openness (Keterbukaan)

Sikap saling terbuka antar pasangan itu sangat baik, tapi maksudnya bukan saling terbuka dalam hal berpakaian, kalau yang itu khusus pasangan suami istri. Keterbukaan yang dimaksud di sini adalah terbuka dalam hal curahan perasaan dan apapun itu kepada pasangan. Misalnya bercerita tentang apa yang kita lakukan hari ini atau rencana kegiatan yang akan dilaksanakan esok hari, cerita apa yang kita alami di kantor atau tempat mengenyam pendidikan, dan sebagainya. Jadikan pasangan kita sebagai tempat mencurahkan hati kita. Katakan apa yang kita inginkan terhadapnya, dan tanyakan apa yang dia inginkan. Hal-hal kecil semacam ini akan membuat hubungan terasa lebih hidup.

*****

Kaitan Antar Kunci-Kunci yang Berantai

sumber:dokumen pribadi
Semua kunci-kunci yang saya jelaskan tadi membuat suatu lingkaran mata rantai yang berhubungan. Semua dapat diawali dari KOMITMEN.
  1. Kedua belah pihak harus memiliki KOMITMEN atas janji-janji yang biasanya diucapkan pada awal terbinanya suatu hubungan. KOMITMEN tersebut akan berjalan dengan lancar jika KESETIAAN selalu dijaga oleh kedua pihak.
  2. KESETIAAN kadangkala diterpa oleh berbagai cobaan dan rintangan, maka dari itu kita perlu menjaganya dengan sikap saling PERCAYA satu sama lain.
  3. Kita dan pasangan kita tentu akan mudah menumbuhkan sikap saling PERCAYA bila sudah ada sikap saling JUJUR.
  4. Jika ingin JUJUR, maka sebelumnya kita harus mempunyai sikap TERBUKA terhadap pasangan supaya tidak ada hal yang ditutup-tutupi atau disembunyikan.
  5. Sikap TERBUKA membutuhkan rasa saling MEMAHAMI satu sama lain agar tidak saling menyakiti dan tidak lepas kendali dalam mengungkapkan perasaan terhadap pasangan.
  6. Nah, di kunci saling MEMAHAMI inilah sebuah KOMITMEN dibutuhkan sebagai pengingat akan janji-janji yang telah dibuat sebelumnya.
Begitulah tips yang saya bagikan. Semoga enam kunci yang berkaitan ini dapat bermanfaat bagi kita yang ingin melanggengkan hubungan agar tetap harmonis dan berjalan dengan baik. Selamat memegang enam kunci ini, semoga langgeng!

0 comments:

Post a Comment